Trendi dan Tradisionil: Menelusuri Jepang dengan Yukata

Mau dipakai untuk santai atau untuk serius, yukata tidak akan pernah ketinggalan zaman! Berikut adalah 6 hotel dan ryokan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan yukata Anda sendiri.

Kyoto > Kyoto

Gion Shinmonso

Anda tidak bisa menyebut "Jepang tradisional" tanpa menggambarkan pemandangan Kyoto. Bagi banyak wisatawan, pengalaman di Jepang belum lengkap tanpa kesempatan untuk berkunjung ke ibukota lama tersebut. Mulai dari Gion ke Kiyomizudera hingga ke jejak sang filsuf, kastil Nijo dan sisanya, Kyoto memiliki misteri klasik yang elegan dan juga ketenangan spiritual. Udaranya juga diharumi dengan bau dupa dan teh hijau, dan juga tidak jarang tampak penampilan orang-orang yang mengenakan kimono yang indah. Di musim-musim yang lebih hangat, penampakan yukata akan menjadi lebih umum.

Shinmonso tampil di tengah-tengah ini, berjarak beberapa menit berjalan kaki dari kuil Yasaka di pusat distrik Gion yang penuh warna dan meriah. Penginapan Jepang tradisional (ryokan) ini pernah memenangkan penghargaan dan juga terkenal dengan keramah-tamahannya. Pengunjung juga dapat menikmati makanan tradisional, akomodasi gaya Jepang yang modern, dan tentunya, Yukata. Shinmonso menawarkan "Paket Yukata" khusus untuk para tamu wanita, di mana Anda bisa memilih yukata yang anda inginkan dari 30 desain berbeda. Tiap yukata dilengkapi dengan sepasang geta (sendal kayu), sehelai obi (ikat pinggang hiasan), dan aksesoris penting lainnya. Meski Anda akan mendapatkan buku panduan cara memakai yukata, para staf dengan senang hati akan memandu Anda jika Anda menginginkannya. Terlebih lagi, Anda bisa membawa pulang yukata tersebut--sebuah harta spesial dari kunjungan Anda ke Jepang.

Tawaran ini berlaku sampai 4 September 2015.

Kyoto > Kyoto

Annex Matsui Hanakanzashi

Dengan lokasi menakjubkan di antara kastil Nijo, istana kekaisaran Kyoto, dan Jalan Raya Karasuma, ryokan ini menampilkan interior mewah yang terinspirasi dari arsitektur Jepang tradisional dan juga pilihan menu tradisionalnya yang luar biasa. Tamu yang memesan "Paket Yukata" yang tersedia bagi pria dan wanita akan mendapatkan yukata pilihan mereka lengkap dengan aksesorisnya, termasuk geta. Meski disediakan buku panduan cara memakai yukata, Anda juga dapat meminta bantuan dari juru rias profesional dengan tambahan ongkos. Tentunya yukatanya menjadi milik Anda!

Tawaran ini berlaku sampai 30 September 2015.

Kyoto > Kyoto

Hotel Station Kyoto West

Terletak dekat dengan Stasiun Kyoto, Anda dapat berjalan kaki dari Hotel Stasiun Kyoto Barat ke berbagai pusat perbelanjaan bagus di Kyoto, dan juga beberapa kuil dan musium terkenal. Paket akomodasi khusus untuk para tamu perempuannya, "Paket Yukata (khusus untuk perempuan)" menyediakan yukata yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang. Set yukata ini dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris penting, termasuk sehelai obi, sepasang geta, dan lain-lainnya.

Tawaran ini berlaku sampai 31 Agustus 2015.

Hyogo > Kinosaki Onsen

Kinosaki Onsen Nishimuraya Honkan

Kinosaki Onsen dikenal di seluruh Jepang untuk sejarahnya sepanjang 1300 tahun sebagai sebuah kota peristirahatan air panas, di mana 7 rumah pemandian unik terletak di seluruh penjuru kota. Atmosfir unik dan klasiknya sangat cocok dengan yukata. Dari pagi hingga malam, jalanan dipenuhi oleh para pengunjung yang mengenakan yukata yang berkeliling dari satu rumah pemandian ke lainnya. Bahkan Anda bisa dianggap aneh kalau tidak mengenakan yukata di Kinosaki Onsen!

Didirikan lebih dari 150 tahun lalu di jaman Edo Ansei, Nishimuraya adalah sebuah ryokan otentik yang kaya sejarah dan terkenal akan kemewahannya. Khusus untuk para tamu perempuannya, Nishimuraya menyediakan "Paket Musiman Kaiseki dengan Hadiah Yukata Berwarna". Anda bisa memilih "yukata berwarna" Anda sendiri untuk dikenakan saat berjalan-jalan di kota atau dan dibawa pulang (yukata berwarna memiliki warna yang lebih cerah dan feminim dibandingkan yukata umum yang orang kenakan di penginapan air panas). Selain itu, paket ini juga menyediakan menu makan malam Jepang tradisional yang terkenal, dengan bahan lokal seperti daging Jepang premium! Ditambah lagi, para tamu dapat menikmati early check-in dan late check-out, sarapan Jepang yang nikmat, dan tiket gratis ke semua rumah pemandian di Kinosaki Onsen.

Tawaran ini berlaku sampai 6 November 2015.

Nagasaki > Unzen

Unzen Onsen Yumei Hotel

Dikelilingi gunung-gunung hijau dari Taman Nasional Unzen, termasuk Gunung Unzen, sebuah gunung berapi aktif yang indah; kota peristirahatan air panas Unzen Onsen menyediakan atmosfir yang tepat untuk berjalan-jalan sambil mengenakan yukata. Berkat beberapa kolam air panas di sekelilingnya yang menyebarkan uap dari gelembung sulfur, udara di sini dipenuhi dengan aroma kas dari pemandian air panas.

Para staf Hotel Yumei sangat menyukai yukata sampai-sampai mereka membuat "Paket Kawaii Yukata" spesial untuk tamu pria dan wanita. Tiap tamu mendapatkan set yang terdiri dari yukata yang mereka pilih, selembar obi, sepasang geta yang akan menjadi suvenir indah untuk dibawa pulang. Terlebih lagi, para staf akan siap membantu anda mengenakan yukata dan juga mengajarkan cara memakainya. Tetapi ada satu syaratnya--para staf ingin melihat Anda mengelilingi kota sambil mengenakan yukata baru anda-- jadi jangan malu-malu dan tunjukkan gayamu!

Tawaran ini berlaku sampai 25 Desember 2015.

Saga > Ureshino

Shouen

Dipenuhi dengan pesona klasik Jepang, penginapan Jepang tradisional ini terletak di sebelah Sungai Ureshino dan dikelilingi perkebunan teh hijau Ureshino yang terkenal. Selain tehnya yang memiliki aroma yang kompleks, salah satu alasan lain Ureshino terkenal adalah karena pemandian air panasnya yang tenteram dan dikenal dengan efek mempercantik kulit, yang mana menyebabkan Ureshino Onsen sering berada di sekitar ranking tertinggi dari ranking pemandian air panas Jepang. Daerah ini juga dikenal untuk makanan tahu pemandian air panasnya, dan taman ria bertema sejarah di mana para tamu dapat merasakan seperti apa kehidupan di abad ke-17--lengkap dengan samurai, ninja, dan putri-putri cantik.

Tentunya sangat cocok untuk berjalan-jalan di daerah yang dipenuhi atmosfir sejarah dan alami ini sambil mengenakan yukata, dan Shouen siap membantu Anda. "Paket Hadiah YUKATA" menyediakan makan malam mewah dan juga sarapan yang disediakan di dalam kamar Anda sendiri. Tamu perempuan akan mendapat perlengkapan yukata yang mereka pilih, lengkap dengan obi dan geta, dan tamu pria akan mendapat sebuah jinbei, pakaian ringan tradisional Jepang lain yang terdiri dari pakaian yang seperti jubah mandi dan celana yang nyaman. Para staf siap membantu Anda mengenakannya dan mengajarkan cara mengenakan Yutaka ketika Anda akan mengenakannya di rumah.

Tawaran ini berlaku sampai 30 September 2015.

Apa itu yukata?

Mirip dengan kimono tetapi lebih santai, Anda akan sering melihat orang mengenakan yukata di festival musim panas dan di berbagai peristirahatan pemandian air panas. Umumnya terbuat dari kain katun ringan atau bahan sintetis, yukata tampil dalam berbagai pola, desain, dan warna dan telah dikenakan oleh perempuan, pria, dan anak-anak di seluruh Jepang selama lebih dari ribuan tahun. Meski yukata adalah pakaian tradisional Jepang, pakaian ini tidak aneh dikenakan di masa modern Jepang ini, karena mereka memiliki nilai nostalgia dan juga disukai penggemar fashion. Yukata mudah dikenakan dan cukup nyaman--dan juga, tampak fashionable dan langsung menambah sentuhan kemeriahan Jepang ke suasana apapun.

Sebuah yukata akan menjadi suvenir bagus untuk Anda bawa pulang setelah kunjungan Anda ke Jepang! Meski begitu, yukata tidak tersedia di setiap tempat di Jepang, meski banyak hotel dan ryokan yang menyediakan penyewaan yukata untuk dikenakan para tamu saat berkeliling. Beberapa hotel dan ryokan akan menyediakan yukata gratis sebagai suvenir untuk para tamu--silahkan cek tempat-tempat seperti itu di sini.