Fakta atau fiksi? Kumpulan legenda kota di seluruh Jepang

Mulai kisah hantu menyeramkan sampai mitos romantis yang menjanjikan cinta abadi, kami persembahkan kisah legenda kota dari jalanan Jepang! Apakah asli atau rekayasa? Kenapa tidak coba Anda cari tahu sendiri?

Fakta atau fiksi? Kumpulan legenda kota di seluruh Jepang

Nama tempat putus yang harus dihindari untuk pasangan?

Taman Inokashira, 1-18-31 Gotenyama, Musashino-shi, Tokyo

Apakah naik perahu di taman Inokashira dapat menyebabkan putus cinta?

Apakah naik perahu di taman Inokashira dapat menyebabkan putus cinta?

Ada rumor yang beredar bahwa jika pasangan kekasih naik perahu bersama di taman Inokashira, mereka akan dilanda penuh rasa cemburu kemudian putus. Kecemburuan ini konon berasal dari Benten, dewi kewanitaan, yang diabadikan di dekat kolam. Tapi Benten sebenarnya dewi musik dan seni, yang umumnya jadi dewi kebijaksanaan. Mungkinkah penyebab putus cinta itu disebabkan oleh sesuatu yang lain?

Jembatan Togetsu, Sagatenryujisusukinobaba-cho, Ukyo-ku, Kyoto

Apakah menengok ke belakang saat menyeberang Jembatan Togetsu di Arashiyama jadi penyebab putus cinta?

Apakah menengok ke belakang saat menyeberang Jembatan Togetsu di Arashiyama jadi penyebab putus cinta?

Ada kisah yang bercerita bahwa kutukan di jembatan ini jika sepasang kekasih menyeberang bersama kemudian menoleh ke belakang maka mereka bakal putus. Asal mula cerita ini tidak jelas, namun bisa jadi berhubungan dengan mitos yang dekat dengan Kuil Horin-ji. Setiap tahun Horin-ji mengadakan upacara "kunjungan tiga belasan", dimana anak lelaki dan perempuan yang baru berumur tiga belas tahun berkunjung untuk menerima wejangan dari Bodhisattva yang abadi. Konon katanya jika peserta menoleh ke belakang sebelum selesai menyeberang Jembatan Togetsu setelah upacara maka mereka akan kehilangan semua pengetahuan yang telah diberikan. Mungkinkah ini diadaptasi menjadi kutukan kekasih?

Berharap cinta jadi kenyataan! Tempat keberuntungan untuk cinta abadi

Kuil Yaegaki, 227 Sakusa-cho, Matsue-shi, Prefektur Shimane

Kuil Yaegaki "Kolam Cermin" ramalan keberuntungan cinta

Kuil Yaegaki

Kuil Yaegaki dikenal sebagai "tempat sakti" untuk menemukan jodoh juga untuk meningkatkan keberuntungan dan nasib yang baik. Tempat ini mengabadikan Dewa Susanoo bersama pengantinnya, Putri Kushinada, yang telah diselamatkan oleh Susanoo dari naga berkepala delapan yang kejam. Cinta Susanoo dan Kushinada telah mempesona Jepang sudah lama sekali, ini bisa jadi penyebab populernya ramalan cinta yang dilakukan di "Kolam Cermin" di atas tanah kuil. Caranya dengan menaruh koin di atas kertas kemudian diapungkan di kolam; jika koin tenggelam dengan cepat, keinginan Anda atas cinta akan segera jadi kenyataan, tapi jika butuh waktu 30 menit atau lebih maka perjalanan cinta Anda masih jauh.

Yotsuya, Shinjuku-ku, Tokyo

"Telepon Umum Emas" di Yotsuya, Tokyo

Telepon umum yang biasa ada di Jepang itu berwarna hijau tua atau abu-abu, tapi ada kisah legenda yang bercerita tentang satu telepon umum emas menakjubkan yang terletak di suatu tempat di wilayah Yotsuya, Tokyo. Konon katanya telepon umum mujur ini dicat berwarna emas untuk memperingati parade pernikahan Pangeran Raja dan Putri Masako, yang meninggal di telepon umum pada tahun 1993. Rumor ini mengatakan bahwa jika Anda memanggil seseorang yang Anda sayangi di telepon umum ini menggunakan koin 10 yen yang bertepi gerigi, maka ungkapan perasaan Anda akan menerima balasan.

Tanjung Cinta, 3135-7 Koshimoda, Izu, Prefektur Shizuoka

Bunyikan "Bel Panggilan Cinta" tiga kali di Tanjung Cinta dan nikmati cinta yang penuh kebahagiaan

Bunyikan

Sesuai maksud dari namanya, Tanjung Cinta di Prefektur Shizuoka ini terkenal sebagai tempat kencan untuk pasangan kekasih. Konon katanya membunyikan "Bel Panggilan Cinta" sambil menatap lautan luas akan membuat hubungan cinta yang berhasil dan/atau menjadi abadi. Sejujurnya, jika Anda pernah membunyikan bel bersama pasangan Anda di sana maka cinta Anda akan berjalan dengan lancar.

Mirip acara fiksi ilmiah! Legenda kota dunia lain

Hakui, Prefektur Ishikawa

"Jalanan UFO" di Hakui, Prefektur Ishikawa

Kota ini konon katanya punya laporan terbanyak tentang penampakan UFO dibanding daerah mana pun di Jepang - kejadiannya sudah terdengar sejak abad ke 19th di masa lampau. Cosmo Isle Hakui Space dan Museum Ilmu Pengetahuan menampilkan pameran foto beserta kepingan UFO, bahkan di sana ada papan iklan bertema UFO dan juga terdapat masakan gourmet yang berada di kota. Sebuah tempat yang wajib dikunjungi oleh pemburu UFO!

2-8-1 Ninshi-Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo

Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo bertransformasi jadi robot raksasa

Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo bertransformasi jadi robot raksasa

Setiap warga Tokyoite pernah mendengar legenda kota ini setidaknya satu kali. Ceritanya jika ada keadaan darurat nasional seperti invasi alien, maka Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo akan bertransformasi menjadi robot raksasa yang melindungi kota. Dipiloti oleh Gubernur Tokyo, yang terlatih untuk mengoperasikannya segera setelah pelantikan, menurut rumor yang beredar serangan pukulan robot itu mampu menjangkau sasaran sejauh 40 km.

Sendai, Prefektur Miyagi

Pola heksagram mencuat! Sebuah portal menuju dunia lain di Sendai

Pola heksagram mencuat! Sebuah portal menuju dunia lain di Sendai

Jika Anda menggambar garis antara Kuil Aoba, Kuil Hachimangu, Kuil Atago, Kuil Tsutsugiaoka-Tenmangu, Kuil Sendai Toshogu dan Istana Sendai (Istana Aoba) di kota Sendai di Timur Laut Jepang, maka akan membentuk pola sempurna bintang enam sisi. Konon ada teori bahwa Masamune Date, laksamana terkenal Jepang yang menguasai wilayah tersebut di abad ke-17, mengatur posisi kuil dan istana sedemikian rupa untuk membuat portal ke dunia lain...atau mungkin cuma sekadar menyesuaikan feng shui.

Binatang Misterius Tidak Diketahui (UMA) di seluruh Jepang

Hokkaido

Korpokkur: Manusia Kerdil dari Ainu

Korpokkur: Manusia Kerdil dari Ainu

Korpokkur yaitu kumpulan manusia kerdil yang mencuat di legenda tradisional Ainu, penduduk pribumi dari utara Jepang. Korpokkur itu berarti gesit dan cepat yang suka menolong manusia. Konon beberapa orang mengatakan bahwa Korpokkur lah yang pertama kali membangun tempat tinggal yang reruntuhannya kini menutupi Hokkaido.

Danau Kussharo, Teshikaga-cho, Kawakami-gun, Prefektur Hokkaido

"Kussie," monster dari Danau Kussharo

Ada banyak laporan mengenai penampakan Binatang Misterius Tidak Diketahui (UMA) di Danau Kussharo Hokkaido. Dinamai mirip dengan Monster Loch Ness "Nessie" yang kesohor di Inggris Raya, konon rumornya Kussie ini sebenarnya adalah plesiosaurus yang masih bertahan hidup. Meski demikian, penampakan terakhir Kussie terlihat sejak 1997, setelah itu tidak ada laporan lagi.

Daita, Setagaya-ku, Tokyo

"Daidarabotchi," Raksasa Daita

Nama Daita di lingkungan wilayah Setagaya-ku, Tokyo, diperoleh dari nama raksasa legendaris "Daidarabotchi." Kabarnya ada tradisi bahwa cekungan sepanjang 180 meter di area tersebut sebenarnya adalah jejak kaki yang ditinggalkan oleh raksasa kuno itu. Meskipun saat ini, wilayah tersebut sudah didirikan bangunan menjadi daerah pemukiman, sehingga cekungan tersebut menyisakan sedikit cekungan yang khusus.

Dilarang memutar dan mengetuk! Tempat yang tabu

Pulau Oshima, Ajima, Mikuni-cho, Sakai-shi, Prefektur Fukui

Jangan memutar melawan arah jarum jam di Pulau Oshima

Jangan memutar melawan arah jarum jam di Pulau Oshima

Di Pulau Oshima, lokasi dengan pemandangan indah dekat Jurang Tojinbo, ada yang mengatakan bahwa jika Anda berbalik arah melawan arah jarum jam maka akan jatuh ke pulau orang mati. Tubuh orang-orang mati itu berasal dari korban bunuh diri yang melemparkan dirinya sendiri dari Jurang Tojinbo yang terkadang sampai menyapu bersih ke tepi laut Pulau Oshima, dan takhayul ini mungkin berasal dari kepercayaan bahwa ada hantu penasaran dari beberapa korban tersebut. Segalanya yang berada di dunia orang mati itu berbanding terbalik dengan dunia kehidupan manusia, jadi berbalik arah melawan arah jarum jam di tempat tersebut begitu dekat dengan kematian yang dapat menjemput ajal Anda.

Jembatan Karuizawa, Miyota-cho, Kitasaku-gun, Prefektur Nagano

Tiga hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan di Jembatan Karuizawa?

Tiga hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan di Jembatan Karuizawa?

Jembatan Gantung Karuizawa di Prefektur Nagano adalah tempat berkeliaran yang terkenal mistis beraura jahat untuk para hantu dan roh. Bahkan ada pemberitahuan resmi dari pemerintah pada jembatan itu yang berisi peringatan, "Jangan menghentikan mobil Anda di jembatan," "Jangan berjalan kaki di sepanjang jembatan" dan "Jangan mengunjungi kuil di balik jembatan."

Aokigahara-Marubi, Fujikawaguchiko-cho, Minamitsuru-gun, Prefektur Yamanashi

Jangan menjatuhkan tumpukan batu di Hutan Fuji (Hutan Aokigahara)

Jangan menjatuhkan tumpukan batu di Hutan Fuji (Hutan Aokigahara)

Aokigahara, hutan yang memiliki luas 56 km persegi yang membentang dari ujung barat laut Gunung Fuji, adalah lokasi terkenal untuk bunuh diri di Jepang. Konon katanya tempat latihan anggota dari Pasukan Pertahanan Jepang (SDF) di dalam hutan ada bebatuan kecil yang membentuk piramida - suatu gundukan batu yang dibuat untuk menuntun jalan - yang terdapat di beberapa lokasi sepanjang hutan. Tampaknya, ada anggota SDF yang menendang jatuh bebatuan tersebut lalu mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengerikan, sehingga jadi sangat tabu untuk dilakukan jika berani menjatuhkan tumpukan batu itu.

Legenda orang kaya yang mengubur harta tersembunyi di Jepang!

Gn. Akagi, Fujimi-cho, Maebashi-shi, Prefektur Gunma

"Harta Benda Terpendam Tokugawa" tersembunyi di Gn. Akagi?

Selama pertengahan kedua abad 19 orang tua Tokugawa Shogunate, yang telah menguasai Jepang selama 4 abad, berperang dengan pasukan pro-Imperial untuk merebutkan kekuasaan negara. Pasukan pro-Imperial kemudian berjaya, tapi tak terhitung jumlahnya kekayaan Shogun secara misterius hilang selama konflik saat itu. Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa ketika Shogunate menyerahkan Kastil Edo ke pasukan pemerintahan yang baru, Tadayori Oguri, kepala keuangan resmi, secara diam-diam mengubur harta benda yang melimpah di kampung halamannya di Akagi, Prefektur Gunma. Konon katanya nilai harta benda ini lebih dari 200 triliun yen jika dihitung hari ini, meski telah dilakukan sejumlah penggalian, harta benda tersebut sama sekali belum tersentuh.

Reruntuhan Tambang Tembaga Perak Tada, Inagawa-cho, Kawabe-gun, Prefektur Hyogo

Apakah emas Toyotomi Hideyoshi tersembunyi di reruntuhan Tambang Tembaga Perak Tada?

Apakah emas Toyotomi Hideyoshi tersembunyi di reruntuhan Tambang Tembaga Perak Tada?

Toyotomi Hideyoshi bisa dibilang sebagai komandan militer terbaik dalam sejarah samurai - berhasil menyatukan Jepang dan menjadi pemimpin de facto dari salah satu kerajaan militer industrial paling adidaya di muka bumi. Tambang Tembaga Perak Tada di Prefektur Hyogo itu berada di bawah kendali langsung di tangannya, dan ada sebuah teori yang mengatakan bahwa ia menyembunyikan harta benda di sana dengan anak laki-lakinya sesaat sebelum ia meninggal. Bahkan ada bukti tertulis yang masih bertahan untuk mendukung teori ini. Jelaslah, reruntuhan Tambang Tembaga Perak Tada, dengan sarang semutnya di terowongan yang sempit, adalah tempat yang sempurna untuk menyembunyikan harta benda itu.

Pulau Ogami, Hirara-Ogami, Miyakojima-shi, Prefektur Okinawa

Apakah harta benda si legendaris Kapten Kidd tersembunyi di tempat keramat Pulau Ogami?

Apakah harta benda si legendaris Kapten Kidd tersembunyi di tempat keramat Pulau Ogami?

Terletak di utara Pulau Miyako, Prefektur Okinawa, Pulau Ogami adalah pulau kecil yang hanya berpenghuni sedikit orang. Pulau Ogami artinya "Pulau Dewa" dan pernah ada legenda yang menyatakan bahwa banyak hal misterius pernah terjadi di pulau itu. Ketika ada laporan harta benda pembajak laut terkenal abad ke-17 Kapten Kidd bisa jadi tersembunyi di suatu gua sekitar pulau, banyak gerombolan pemburu harta karun yang mendarat di pulau tersebut. Walaupun demikian, sejauh ini harta yang ditemukan di pulau ini hanyalah pantai-pantai yang indah.

Dilarang memuat ulang tulisan atau gambar pada halaman ini tanpa izin. Jika mengutip konten ini, mohon cantumkan judul laman dengan tautannya.

Kembali ke Rakuten Travel