10 Festival Salju Terpopuler di Jepang

Jepang terkenal dengan festival saljunya. Ada yang megah dan monumental, ada pula yang terasa nyaman dan intim. Lihatlah urutan 10 festival salju terpopuler kami berikut yang bisa Anda saksikan di Musim Dingin 2016!

10 Festival Salju Terpopuler di Jepang

Prefektur Akita

Festival Yokote Kamakura

Festival Yokote Kamakura
Tanggal dan waktu
15-16 Februari 2016 (pukul 18.00-21.00)
Lokasi dan arah
Taman Doro Koen di depan Balai Kota Yokote/Taman Yokote/Buke Yashiki-dori, Haguromachi/Kamakura-dori, Futaba-cho/Timur Alun-Alun Nigiwai Yokote (di depan Stasiun Yokote)/Minka Enkido Gorobemura (14 Februari dan 15 Februari 2016, pukul 09.30-17.00)/situs-situs lain di Yokote, Akita *Bus wisata pada jalur utama Ou di Stasiun Yokote

Festival pertengahan Februari yang sudah menjadi tradisi sejak lebih dari 450 tahun lalu ini diadakan untuk menghormati dewa air. Selama festival, 100 pondok salju dibuat di seluruh kota. Anak-anak meneriakkan bahasa lokal untuk mengajak pengunjung datang memasuki pondok dan menyembah dewa air. Amazake (minuman manis) dan mochi (kue beras) ditawarkan kepada tamu. Kota yang dipenuhi gubuk salju (dan semuanya menyala di malam hari) merupakan pemandangan yang spektakuler.

Prefektur Hokkaido

Festival Salju Sapporo

Festival Salju Sapporo
Tanggal dan waktu
Situs Odori: 5-11 Februari 2016 (24 jam. Catatan: Iluminasi sampai pukul 22.00)
Situs Tsudome: 5-18 Februari 2016 (pukul 09.00-17.00)
Situs Susukino : 5-11 Februari 2016 (24 jam. Catatan: Iluminasi sampai pukul 23.00. Tutup pukul 22.00 pada hari terakhir)
Lokasi dan arah
Situs Odori (Taman Odori Koen: 1-chome melalui 12-chome, Odori-nishi, Chuo-ku, Sapporo-shi, Hokkaido) Naik kereta bawah tanah Jalur Tozai ke Stasiun Odori lalu turun segera dekat stasiun.
Situs Tsudome (Kubah Komunitas Sapporo -- 885-1, Sakae-machi, Higashi-ku, Sapporo-shi, Hokkaido) Naik kereta bawah tanah Jalur Toho ke Stasiun Sakaemachi. Keluar di gerbang 2; dari sana lanjutkan 15 menit berjalan kaki. Shuttle bus juga beroperasi dari situs Odori.
Situs Susukino (Dunia Es 2016 Susuki: Jalur Nishi yon chome dari Nishi Shijo-dori melalui Nishi Nanajo-dori, Chuo-ku, Sapporo-shi, Hokkaido) Dekat Stasiun Susukino di kereta bawah tanah jalur Nanboku

Daya tarik utama Festival Salju Sapporo adalah desainnya yang dinamis dan rumit. Serangkaian patung dibuat hanya dari salju dan es di sepanjang 1,5 km area ini, semuanya dalam satu baris. Festival ini tidak hanya hit di Jepang, tetapi juga mendunia. Ada 2 juta orang yang mengunjungi festival ini setiap tahun. Acara ini diadakan di situs-situs utama di Sapporo, seperti pusat olahraga Tsudome dan jalanan-jalanan pusat belanja.

Prefektur Yamagata

Festival Monster Salju Zao (iluminasi)

Festival Monster Salju Zao (iluminasi)
Tanggal dan waktu
Iluminasi monster salju: 26 Desember 2015-1 Januari 2016 dan 9, 10, 16, 17, dan 23 Januari-28 Februari 2016 (total 50 hari) Pukul 17.00-21.00 (kereta terakhir berangkat pukul 19.50)
Lokasi dan arah
Kereta Gantung Zao (Stasiun Jizo Sancho), 229-3 Zao Onsen, Yamagata-shi Dari Stasiun JR Yamagata, naik bus Zao Onsen (45 menit) dan turun di Zao Onsen. Naik Kereta Gantung Zao menuju Stasiun Zao Sanroku (10 menit berjalan kaki). Dari sana, pergilah ke Stasiun Jizo Sancho (17 menit).
Tarif Kereta Gantung
Dewasa (usia sekolah menengah ke atas): ¥2.600 Anak-anak (usia SD): ¥1.300 Bayi (sebelum usia sekolah): gratis Diskon untuk kelompok dengan 15 orang atau lebih: diskon 10% *Harga pergi-pulang

Ketika cuaca berubah dingin, pepohonan di sepanjang pegunungan Zao membeku secara alami dan berubah menjadi karya seni yang disebut "monster es" atau "monster salju". Objek wisata ini dikenal di seluruh dunia. Pohon-pohon beku di sekitar Stasiun Jizo Sancho paling baik jika dilihat dari Kereta Gantung Zao. Pepohonan berkilatan di bawah sinar mentari atau jelas diterangi di malam hari akan terlihat spektakuler, dengan suasana khas masing-masing. Selain itu, lereng ski di Resor Ski Yamagata Zao Onsen akan menyajikan pertunjukan kembang api yang fantastis.

Prefektur Fukushima

Festival Lilin Lukis Aizu

Festival Lilin Lukis Aizu
Tanggal dan waktu
11-13 Februari 2016 (17.30-21.00)
Lokasi dan arah

Kastel Tsurugajo (1-1 Outemachi, Aizu-Wakamatsu-shi, Fukushima) Ambil Jalur Barat Ban'etsu menuju Stasiun Aizu-Wakamatsu. Naik bus kota Haikara-san dan turun di Tsurugajo Iriguchi (20 menit). Lanjutkan berjalan kaki lima menit dari sana.
Oyakuen (8-1 Hanaharu-machi, Aizu-Wakamatsu-shi, Fukushima) Ambil Jalur Barat Ban'etsu menuju Stasiun Aizu-Wakamatsu. Naik bus setempat Haikara-san dan turun di Oyakuen (30 menit).

Prefektur Tochigi

Festival Yunishigawa Onsen Kamakura

Festival Yunishigawa Onsen Kamakura
Tanggal dan waktu
Heike no Sato (lokasi utama): 23 Januari-6 Maret 2016 (pukul 09.00-21.00)
Taman Salju Yunishigawa Mizu no Sato: 30 Januari-29 Februari 2016 (pukul 10.00-15:00)
*Beberapa lokasi lainnya
Lokasi dan arah
Lokasi utama Heike no Sato (1042 Yushinigawa, Nikko-shi, Tochigi) Naik Kereta Api Yagantetsudo menuju Stasiun Yunishigawa Onsen. Naik Bus Nikko menuju Yunishigawa Onsen dan turun di Honke Banhisa Ryokan-mae. Lanjutkan berjalan kaki 15 menit dari sana.
Taman Salju Yunishigawa Mizu no Sato (473-1 Yunishigawa, Nikko-shi, Tochigi) Naik Kereta Api Yagantetsudo menuju Stasiun Yunishigawa Onsen. naik Bus Nikko menuju Yunishigawa Onsen dan turun di Yunishigawa Mizu no Sato (30 menit).
Naik shuttle bus ke dan dari Yunishigawa Onsen yang direncanakan beroperasi selama acara berlangsung (Sabtu, Minggu, hari libur: pukul 10.00-21:00; tarif ¥200)
Tarif
Lokasi utama Heike no Sato: Dewasa: ¥510 Anak-anak (usia sekolah dasar dan sekolah menengah): ¥250
Taman Salju Yunishigawa Mizu no Sato: Dewasa: ¥800 Anak-anak (di bawah usia sekolah dasar): ¥500 *Termasuk biaya naik kereta luncur dan masuk ke area mandi di Pusat Wisata Mizu no Sato
Lokasi-lokasi lain: gratis

Daerah Yunishigawa Onsen menerima hujan salju yang tebal dan deras, sehingga daerah ini mirip seperti gambar di kartu pos: penuh pondok salju, manusia salju, dan lentera salju. Pada siang hari, ada barbeku yang diadakan di dalam pondok salju di tempat utama Heike no Sato (reservasi diperlukan) serta kereta luncur menuruni lereng panjang di Taman Salju Yunishigawa Mizu no Sato. Pada malam hari, nikmati pemandangan dunia salju diterangi yang luar biasa. Juga tersedia gratis masakan lokal, sajian manis, dan Amazake (minuman manis).

Prefektur Fukushima

Festival Salju Ouchijuku

Festival Salju Ouchijuku
Tanggal dan waktu
13 Februari (dari pukul 13.00) dan 14 Februari 2016 (pukul 10.00-15.00)
Lokasi dan arah
Ouchijuku (Ouchi Aza Yamamoto, Shimogo-machi Oaza, Minami Aizu-gun, Fukushima) Ambil Kereta Api Aizu menuju Stasiun Yunokami-onsen. Dari sana, naik taksi atau Snow Festival Shuttle Bus Saruyu-go (15 menit)

Ouchijuku telah ditunjuk sebagai Daerah Pelestarian Penting untuk Kelompok Bangunan Lama, dan di sinilah diadakan festival salju yang spesial. Dipasang lentera-lentera salju yang tak terhitung jumlahnya bersama acara-acara seru seperti festival kostum, tari, kontes makan mi, dan banyak lagi. Puncak dari festival ini adalah upacara api yang diadakan setiap malam, dimulai pada hari pertama acara. Para laki-laki yang memakai cawat menyalakan lentera satu per satu, lalu kembang api yang besar dinyalakan hingga mewarnai langit malam.

Prefektur Fukushima

Festival Salju Urabandai

Festival Salju Urabandai
Tanggal dan waktu
19 Februari 2016 (pukul 12.00-20.00), 20 Februari 2016 (pukul 10.00-16.00), 21 Februari 2016 (pukul 10.00-16.00)
Lokasi dan arah
Stasiun Situs Urabandai, Kolam Teratai Rengenuma (1092-65, Aza Onogawahara, Oaza Hibara, Kitashiobara-mura, Yama-gun, Fukushima) Dari Stasiun Inawashiro di Jalur Barat JR Ban'etsu, naik Bus Kota Bandai dan turun di Stasiun Bandai Kogen (30 menit). Kemudian naik Mori no Kumasan (bus wisata Lake Hibara) dan turun di Stasiun Situs-mae (20 menit).

Pada siang hari, nikmati acara-acara seperti mencari harta karun di salju, pembuatan es krim, dan pembuatan lilin. Acara khasnya yang dijuluki "Eco Night Fantasy" dimulai pukul 17:30. Di sini kolam teratai putih membeku menampung 3.000 lilin yang apinya berkedip-kedip di antara salju dan es. Pastilah romantis. Anda juga bisa menyalakan lilin sendiri (sesuai urutan datang pengunjung).

Prefektur Aomori

Festival Lentera Kastel Hirosaki

Festival Lentera Kastel Hirosaki
Tanggal dan waktu
11-14 Februari 2016 (09.00-21.00) Lentera dan iluminasi patung salju dimulai sekitar pukul 16.30 (senja)
Lokasi dan arah
Taman Hirosaki Koen (1 Shimoshirogane-cho, Hirosaki-shi, Aomori) Ambil Jalur Utama Ou menuju Stasiun Hirosaki. Naik taksi (10 menit) atau bus keliling kota ke Shiyakusho-mae (15 menit). Lanjutkan berjalan kaki empat menit dari sana.

Berbagai lentera dan patung salju dapat dilihat di seluruh penjuru taman, jumlahnya ada 150! Menara kastel dan pinus-pinus tua menyala indah menerangi salju. Ada 300 miniatur pondok salju dengan lentera yang juga menghiasi kolam teratai, menciptakan pemandangan yang luar biasa. Pada siang hari, Anda bisa melihat diorama patung salju yang menggambarkan bangunan-bangunan kuno dan seluncuran salju raksasa, kios-kios kaki lima dan pasar produk lokal.

Prefektur Akita

Peluncuran Balon Kertas Kamihinoki-nai

Peluncuran Balon Kertas Kamihinoki-nai
Tanggal dan waktu
10 Februari 2016 (pukul 15.00-20.30)
Lokasi dan arah
Alun-Alun lentera Kertas (Aza Ochida, Kamihinokinai, Nishiki-cho, Senboku-shi, Akita) Naik Kereta Api Akita Nairiku Jukan menuju Kamihinokinai. Lanjutkan berjalan kaki tujuh menit dari sana.

Lentera-lentera kertas besar dengan gambar prajurit dan wanita cantik diterbangkan ke langit malam musim dingin. Lentera ini berisi bola kain yang direndam dalam minyak tanah; ketika dinyalakan, panasnya bekerja seperti balon udara panas, mendorong lentera naik ke atas. Seratus lentera berisi pesan-pesan doa dari para peserta naik ke langit. Lentera-lentera diluncurkan pukul 14.00-20.30.

Prefektur Iwate

Festival Salju Iwate

Festival Salju Iwate
Tanggal dan waktu
30 Januari-7 Februari 2016 (pukul 09.00-21.00)
Lokasi dan arah
Kebun Koiwai (36-1 Maruyachi, Shizukuishi-cho, Iwate-gun, Iwate) Ambil Jalur Utama Tohoku atau Jalur Tazawako menuju Stasiun Morioka. Naik bus menuju Kebun Koiwai Makiba-en (30 menit). Atau, naik taksi (10 menit) dari Stasiun Koiwai di Jalur Tazawako.

Sebuah labirin besar yang terbuat dari salju, seluncuran salju setinggi 4 meter, pondok salju tempat mencicipi Genghis Khan (hidangan daging kambing panggang), dan pertunjukan panggung dan kembang api fantastis, ditambah atraksi-atraksi lainnya ada di sini! Pada malam hari, patung salju dan es diterangi dalam warna-warni pelangi. Tahun 2016, patung salju ekstra telah ditambahkan sehingga totalnya menjadi 12. Tahun ini untuk pertama kalinya diadakan Lomba Manusia Salju; ciptakan manusia salju Anda sendiri untuk dipilih sebagai pemenang lomba!

Kembali ke Rakuten Travel