Koleksi foto di sepanjang perjalanan melintasi 16 stasiun kereta yang menakjubkan dan terpencil di Jepang

Dikenal dengan sebutan "hikyo eki" di Jepang, jenis stasiun kereta ini paling tepat digambarkan sebagai "terpencil" atau "lain dari yang biasa". Stasiun-stasiun ini pada umumnya memiliki pemandangan yang menakjubkan, terpencil, dan tidak dijaga: keindahan yang sepi dan terkadang digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film dan program televisi. Jika Anda ingin bertualang ke tempat-tempat yang jarang didatangi di Jepang, berjalan-jalan ke salah satu dari lokasi-lokasi berikut ini mungkin akan jadi pengalaman yang berkesan untuk Anda.

Koleksi foto di sepanjang perjalanan melintasi 16 stasiun kereta yang menakjubkan dan terpencil di Jepang

Sering ditampilkan dalam film, drama, dan poster - stasiun kereta yang terkenal dengan pemandangan yang mengagumkan

Ehime > Jalur Yosan (JR Shikoku)

Stasiun Shimonada

Stasiun Shimonada
Lokasi
Futamicho Okubo, Iyo, Prefektur Ehime
Tanggal dibuka untuk beroperasi
09 Juni 1935

Peron di stasiun kereta ini menampilkan pemandangan yang mengagumkan dari Laut Pedalaman Seto. Stasiun ini tidak hanya ditampilkan beberapa kali di poster-poster yang mengiklankan Tiket Remaja 18 ("Seishun 18 Kippu"); tetapi juga digunakan sebagai lokasi untuk film-film dan drama TV, menarik sejumlah besar turis dari seluruh pelosok Jepang dan luar negeri.

Sebuah stasiun tak berawak yang terletak tepat di sisi laut, membangkitkan nuansa kampung halaman dengan nama yang tidak biasa

Aomori > Jalur Gono (JR East)

Stasiun Todoroki

Stasiun Todoroki
Lokasi
Ogita, Todoroki, Fukaura, Distrik Nishitsugaru, Prefektur Aomori
Tanggal dibuka untuk beroperasi
13 Desember 1934

Stasiun ini telah menarik perhatian karena lokasinya yang luar biasa yang menghadap ke Laut Jepang, dan karena namanya yang mengandung karakter kanji yang tidak biasa (stasiun ini dinamai mengikuti nama pemukiman setempat, di mana menurut legenda suara ombak dan gelombang pasang terdengar cukup keras untuk mengejutkan kuda-kuda, arti harfiahnya adalah "pohon banyak kuda"). Nuansa yang terpencil dengan beberapa buah bangunan di sekitar tampak sangat serasi dengan suasana di stasiun yang tak berawak ini. Ombak besar sesekali membasahi stasiun di hari berbadai. Di peronnya Anda dapat menemukan sebuah jam matahari dan sebuah kalender matahari terbenam, yang semakin menambah keunikan tempat ini.

Stasiun kereta tak berawak di wilayah paling utara Jepang dengan bangunan kayu - di pulau bersalju Hokkaido

Hokkaido > Jalur Utama Soya (JR Hokkaido)

Stasiun Bakkai

Stasiun Bakkai
Lokasi
Kutonebetsu, Bakkaimura, Wakkanai, Hokkaido
Tanggal dibuka untuk beroperasi
25 Juni 1924

Ini adalah stasiun kereta yang letaknya berada di wilayah paling utara Jepang dengan bangunan stasiun yang terbuat dari kayu - stasiun ini juga merupakan stasiun tak berawak di wilayah paling utara. Stasiun yang bertahan di tengah-tengah badai salju parah dan telah menjalani sejumlah perbaikan ini masih beroperasi sejak pertama kali dibuka sekitar 90 tahun yang lalu. Stasiun ini juga telah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film/drama.

Stasiun JR di wilayah paling selatan dengan kotak surat berwarna kuning yang membawa kebahagiaan

Kagoshima > Jalur Ibusuki Makurazaki (JR Kyushu)

Stasiun Nishi-Oyama

Stasiun Nishi-Oyama
Lokasi
Yamagawaoyama, Ibusuki, Prefektur Kagoshima
Tanggal dibuka untuk beroperasi
22 Maret 1960

Ini adalah stasiun kereta yang terletak di wilayah paling selatan di Jepang dan dioperasikan oleh JR. Dari peron stasiun, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Kaimondake yang menakjubkan, yang juga dikenal dengan sebutan "Gunung Fuji di Satsuma" dan merupakan satu dari 100 Gunung Terkenal di Jepang. Ada sebuah kotak surat berwarna kuning di depan stasiun yang melambangkan warna bunga rapeseed yang merupakan ciri khas wilayah Ibusuki. Kotak surat kuning ini disebut sebagai "kotak surat yang membawa kebahagiaan", karena menurut legenda setempat, mengirimkan kartu pos dan surat kepada orang-orang yang Anda cintai melalui kotak surat ini akan memberikan mereka kebahagiaan.

Sebuah stasiun tak berawak di wilayah pedesaan yang luas dan tenteram

Hokkaido > Jalur Utama Sekihoku (JR Hokkaido)

Stasiun Ikuno

Stasiun Ikuno
Lokasi
Ikutaharatoyohara, Engaru, Distrik Monbetsu, Hokkaido
Tanggal dibuka untuk beroperasi
01 Desember 1946

Fasilitas ini pada awalnya dibuka sebagai stasiun kereta sementara, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi stasiun resmi. Meski begitu, ini adalah sebuah stasiun sederhana dengan satu peron dan satu jalur kereta. Lokasinya berada di tengah-tengah lanskap pedesaan yang membentang luas. Meski dulunya ada sebuah bus berwarna kuning yang tak terpakai dan ditempatkan di sebelah stasiun sebagai ruang tunggu, tetapi bus ini sekarang telah dipindahkan, sehingga menambah kesederhanaan dan suasana terpencil di stasiun ini.

Destinasi liburan yang romantis, melayang di atas sebuah danau

Shizuoka > Jalur Ikawa (Oigawa Railway)

Stasiun Okuoikojo

Stasiun Okuoikojo
Lokasi
Umeji, Kawanehon, Distrik Haibara, Prefektur Shizuoka
Tanggal dibuka untuk beroperasi
02 Oktober 1990

Stasiun kereta yang luar biasa ini terletak di atas sebuah danau buatan dan ditopang oleh dua rel besi berukuran raksasa yang memanjang dari satu sisi danau ke sisi lainnya. Di dekat stasiun, ada sebuah pondok di mana para pengunjung dapat bersantai, tetapi Anda juga bisa berjalan menyusuri jembatan besinya untuk sampai ke tepi danau. Dari sana, Anda bisa terus menjelajah dan menikmati lintas alam di wilayah sekitar. Peron stasiun kereta ini memiliki sebuah lonceng yang membawa keberuntungan asmara bagi mereka yang membunyikannya, menjadikan stasiun ini sebagai destinasi terpopuler bagi pasangan kekasih.

Stasiun kereta pertama di Prefektur Miyazaki yang menunjukkan jalan ke "kebahagiaan sejati"?

Miyazaki > Jalur Hisatsu (JR Kyushu)

Stasiun Masaki

Stasiun Masaki
Lokasi
Uchitate, Ebino, Prefektur Miyazaki
Tanggal dibuka untuk beroperasi
11 Maret 1911

Ini adalah stasiun kereta pertama yang dibangun di prefektur Miyazaki. Bangunan stasiun dari kayu ini dibangun saat stasiun ini dibuka 100 tahun yang lalu dan masih berdiri sampai saat ini dengan nuansa yang sangat tradisional. Nama stasiun ini berarti "kebahagiaan sejati", sehingga banyak pengunjung membeli tiket hanya untuk masuk ke stasiun ini. Di tengah-tengah peronnya ada "lonceng kebahagiaan" dan para pengunjung didorong untuk membunyikan lonceng ini "sebanyak berapa kali mereka merasa bahagia".

Stasiun kereta yang menakjubkan di atas sebuah jembatan, di mana Anda dapat melihat pemandangan bus listrik terbuka yang melintas di sepanjang tebing yang indah

Kyoto > Jalur Utama Sanin (Jalur Sagano) (JR West)

Stasiun Hozukyo

Stasiun Hozukyo
Lokasi
Nishikyo-ku, Kyoto dan Kameoka, Prefektur Kyoto
Tanggal dibuka untuk beroperasi
17 Agustus 1929

Stasiun kereta yang luar biasa ini sebagian besarnya sebenarnya merupakan bagian dari jembatan yang memanjang di sepanjang Sungai Hozu, sehingga apabila Anda menatap ke bawah dari peronnya yang sempit, Anda akan melihat pemandangan lembah yang memukau di mana sungainya mengalir. Keindahan lain yang bisa Anda saksikan dari stasiun ini adalah kapal-kapal pesiar yang berlayar menyusuri Sungai Hozu dan bus listrik terbuka yang populer yang dioperasikan oleh Sagano Scenic Railway Company yang melintas di sepanjang sungai.

Stasiun kereta dengan nama yang rumit - lokasi pengambilan gambar sebuah film

Yamaguchi > Jalur Utama Sanin (JR West)

Stasiun Kottoi

Stasiun Kottoi
Lokasi
Obagasako, Kanda, Hohokucho, Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi
Tanggal dibuka untuk beroperasi
09 September 1928

Meskipun nama stasiun ini, yang dilafalkan "kot-toy", cukup mudah untuk diucapkan, tetapi nama stasiun ini adalah salah satu yang tersulit bagi orang-orang Jepang untuk dibaca hanya dari karakter kanjinya saja. Banyak pengunjung melintasi stasiun ini dalam perjalanan mereka menuju Pulau Tsunoshima yang indah, menggunakan jembatan yang memanjang sampai ke laut dan menampilkan pemandangan yang sungguh spektakuler. Stasiun Kottoi telah tampil dalam sebuah film yang populer di dalam negeri sebagai "Stasiun Igamihata". Papan tanda yang menunjukkan namanya di dalam film ini masih disimpan untuk diperlihatkan kepada para pengunjung hingga hari ini.

Stasiun tak berawak dengan pemandangan laut yang menawan - terpilih sebagai satu dari "100 Stasiun Kereta Terpopuler" di wilayah ini

Hyogo > Jalur Utama Sanin (JR West)

Stasiun Amarube

Stasiun Amarube
Lokasi
Nawate, Kasumiku Amarube, Kami, Distrik Mikata, Prefektur Hyogo
Tanggal dibuka untuk beroperasi
16 April 1959

Terpilih sebagai satu dari "100 Stasiun Kereta Terpopuler" di wilayah Kinki, stasiun ini menawarkan pemandangan Laut Jepang yang indah dari kursi peronnya. Di dekat stasiun ini ada Jembatan Besi Amarube yang telah berusia kira-kira 100 tahun. Kini sudah ada sebuah dek observasi yang dibangun di tahun 2010 saat jembatan ini direvonasi, menggunakan sebagian dari dermaga lama yang telah diganti.

Stasiun kereta yang sunyi tetapi menarik dengan pemandangan Gunung Komagatake - alias "Gunung Fuji Hokkaido"

Hokkaido > Jalur Utama Hakodate (JR Hokkaido)

Stasiun Higashiyama

Stasiun Higashiyama
Lokasi
Komagatake, Mori, Distrik Kayabe, Hokkaido
Tanggal dibuka untuk beroperasi
26 Februari 1943

Berdiri di hutan yang sunyi, daya tarik utama dari stasiun ini adalah lokasinya yang dikelilingi oleh pemandangan fantastis Gunung Komagatake di Hokkaido. Karena stasiun ini pada awalnya digunakan sebagai pusat operasi kereta, stasiun ini hanya memiliki rancangan yang sederhana tetapi unik untuk para penumpang, termasuk peron kayu yang dibuat menggunakan bantalan rel. Di zaman dulu, kereta-kereta mendaki lereng yang curam di atas rel yang berkelok-kelok untuk sampai di stasiun ini.

Stasiun kereta yang terpencil tanpa satu pun rumah ataupun jalan di sekitarnya - dan hanya satu penumpang tetap

Tokushima > Jalur Dosan (JR Shikoku)

Stasiun Tsubojiri

Stasiun Tsubojiri
Lokasi
Ikedacho Nishiyama, Miyoshi, Prefektur Tokushima
Tanggal dibuka untuk beroperasi
10 Januari 1950

Terletak di dekat bubungan gunung di sekitar perbatasan antara prefektur Tokushima dan prefektur Kagawa, stasiun ini dikelilingi oleh pegunungan dan sungai-sungai kecil. Tanpa jalan-jalan beraspal ataupun alun-alun kota di depannya, stasiun ini dilingkupi oleh nuansa ajaib yang tersembunyi, yang tampaknya mengundang para pengunjung untuk masuk lebih jauh ke pegunungan. Pemberitahuan yang terpasang pada papan buletin di dalam bangunan stasiun yang terbuat dari kayu menunjukkan bahwa saat ini hanya ada satu orang yang menggunakan stasiun ini secara rutin.

Stasiun kereta dengan jalur zig-zag yang membangkitkan era kereta api uap

Kumamoto > Jalur Hisatsu (JR Kyushu)

Stasiun Okoba

Stasiun Okoba
Lokasi
Onomachi, Hitoyoshi, Prefektur Kumamoto
Tanggal dibuka untuk beroperasi
26 Desember 1909

Terketak di wilayah pegunungan yang dikelilingi oleh lereng-lereng curam, stasiun ini terkenal sebagai satu-satunya stasiun di Jepang yang dilengkapi dengan jalur zig-zag dan jalur lingkar. Di dalam stasiun, ada menara air dari batu yang digunakan untuk menyuplai air bagi kereta uap dan pancuran air yang digunakan oleh para penumpang dan staf kereta untuk membilas jelaga yang mengoroti tangan dan wajah mereka.

Stasiun kereta terpencil jauh di tengah pegunungan dengan mata air yang menyediakan air yang bersih dan jernih

Oita > Jalur Utama Nippo (JR Kyushu)

Stasiun Sotaro

Stasiun Sotaro
Lokasi
Sotaro, Shigeoka, Ume, Saiki, Prefektur Oita
Tanggal dibuka untuk beroperasi
01 Maret 1947

Tersembunyi jauh di tengah pegunungan, ini adalah stasiun tak berawak dengan jumlah penumpang yang sangat sedikit. Meskipun stasiun ini dulunya memiliki bangunannya sendiri, yang tersisa sekarang hanyalah struktur baja yang membentuk sebagian dari gerbang tiketnya. Wilayah ini terkenal dengan air bersihnya, seperti yang bisa terlihat pada kolam di peron yang menjadi rumah bagi kadal air, dan sebuah sumur dengan papan tanda yang berbunyi "Menyediakan Air yang Terlezat di Sepanjang Jalur Nippo".

Stasiun tak berawak tempat kereta berbalik arah dan dikelilingi oleh pegunungan yang curam

Kochi > Jalur Dosan (JR Shikoku)

Stasiun Shingai

Stasiun Shingai
Lokasi
Tosayamadacho Higashigawa, Kami, Prefektur Kochi
Tanggal dibuka untuk beroperasi
01 Juni 1947

Terletak di wilayah pegunungan dengan gunung di ketiga sisinya, ciri khas dari stasiun kereta ini adalah bangunannya yang berwarna putih dan posisinya yang unik di sepanjang jalur kereta zig-zag. Kereta memasuki peron stasiun dari arah yang berlawanan karena stasiun ini terletak di sepanjang segmen pergantian arah dari jalur zig-zag. Toko-toko yang dulunya berjajar di area di depan stasiun kini ditutup, menciptakan kesunyian yang melingkupi stasiun.

Stasiun kereta yang unik di tengah tebing bagi para pelancong berjiwa petualang

Nagano > Jalur Iida (JR Tokai)

Stasiun Tamoto

Stasiun Tamoto
Lokasi
Tamoto, Yasuoka, Distrik Shimoina, Prefektur Nagano
Tanggal dibuka untuk beroperasi
15 Nopember 1935

Diapit di satu sisi oleh lereng gunung yang menjulang dan di sisi lain oleh tebing yang mengarah ke Sungai Tenryu, stasiun yang satu ini sungguh mengagumkan. Para pengunjung harus melewati anak-anak tangga yang curam, lereng terjal, dan jembatan gantung untuk mencapai desa terdekat. Peron di stasiun kereta ini menyerupai gang yang sempit, dengan batu-batu besar yang menjorok keluar setinggi kepala. Perjalanan ke stasiun ini tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang mendebarkan.

Dilarang memuat ulang tulisan atau gambar pada halaman ini tanpa izin. Jika mengutip konten ini, mohon cantumkan judul laman dengan tautannya.

Kembali ke Rakuten Travel