Kuliner Lokal Pilihan: Menu Terbaik dari Osaka

10 hidangan paling lezat dari Osaka yang masuk dalam peringkat kuliner lokal dan dipilih oleh para wisatawan.

Kuliner Lokal Pilihan: Menu Terbaik dari Osaka
  1. Takoyaki

    Takoyaki

    Takoyaki, bola tepung yang digoreng dengan daging gurita di dalamnya menempati urutan teratas sebagai makanan yang mewakili Osaka! Osaka memiliki restoran takoyaki sebanyak 650 (Tokyo hanya memiliki 160), menjadikannya pasar paling kompetitif untuk takoyaki di Jepang, dengan distrik Minami sebagai pusatnya. Di sini para penyedia takoyaki melakukan berbagai cara guna memikat dan menjadikan para wisatawan sebagai pelanggan mereka. Sebagian melakukan inovasi pada menu favorit klasik ini dengan berbagai variasi unik seperti takoyaki dengan es serut (versi musim panas), dan sebagian lagi menciptakan takoyaki tanpa saus, dengan tujuan menonjolkan cita rasa semata dari bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  2. "Kushi-katsu" Daging Tusuk Goreng

    Kushi-katsu adalah hidangan sate dengan daging yang dipotong kecil-kecil dan sayuran yang dilapisi dengan tepung, telur dan remah roti yang kemudian digoreng. Restoran kushi-katsu paling banyak ditemui di area Shinsekai, di mana para pengunjung yang lapar dapat memilih tempat bersantap mulai dari restoran klasik dengan tradisi kuat hingga restoran baru dengan gaya yang unik. Area ini memiliki segalanya, mulai dari restoran yang menyajikan satenya dengan remah roti yang tebal lalu menggorengnya hingga renyah atau kenyal, sampai restoran yang menyajikan sate dengan kadar tepung minimal dan hanya menggorengnya sebentar hingga menghasilkan tekstur kenyal dan mirip gorengan. Manjakan selera Anda akan hidangan goreng dengan saus yang nikmat dan santaplah - jangan lupa memesan bir sebagai pendamping!

    Persinggahan di sekitar Osaka

  3. "Okonomiyaki" Panekuk Lezat

    Urutan ketiga adalah okonomiyaki, sebuah panekuk dari tepung dan kubis dengan aneka isi. Di Osaka yang dianggap kerajaan makanan kaya karbohidrat, okonomiyaki adalah pangerannya. Adonan tebalnya mengeluarkan suara desisan saat dituang di atas wajan yang panas, kemudian aroma kaldu dashi dan saus okonomiyaki yang manis dan pedas saat dimasak akan membuat air liur Anda menetes. Terdapat variasi okonomiyaki seperti versi bebas gluten yang terbuat dari ubi jalar, serta variasi yang lebih sehat yang memiliki lebih banyak kubis dan tepung lebih sedikit. Variasi lainnya antara lain okonomiyaki yang renyah di luar dan empuk di dalam. Aneka pilihan yang dapat dicoba adalah salah satu daya tarik utama saat berkunjung ke tempat asal okonomiyaki.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  4. "Butaman" Bakpao Babi Kukus

    Bakpao empuk berisi daging babi yang juicy -- di Osaka, makanan ini disebut butaman (atau nikuman di tempat lainnya di Jepang). Butaman klasik memiliki isi daging babi cincang dan bawang dengan penyedap, tapi di Osaka Anda dapat menemukan versi lainnya yang unik, seperti bakpao dengan isi tiram kering dengan rasa yang lebih ringan. Ada berbagai variasi yang dapat dicoba. Temukan mana yang menjadi favorit Anda!

    Persinggahan di sekitar Osaka

  5. "Negiyaki" Panekuk Bawang Daun

    Di peringkat 5 adalah negiyaki, panekuk lezat dari bawang daun dan merupakan sepupu dari takoyaki dan okonomiyaki yang populer. Sekilas makanan ini tampak seperti okonomiyaki, namun tidak memiliki kubis. Sebagai gantinya, negiyaki diisi dengan bawang daun, urat sapi, dan konnyaku. Masakan ini berasal dari sebuah restoran okonomiyaki di Juso, Osaka yang kemudian populer dengan cepat dan kini banyak terdapat restoran khusus negiyaki. Salah satu restoran yang populer menawarkan 11 variasi yang dapat dipilih.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  6. "Kitsune Udon" Mie dengan Tofu Goreng

    Kitsune udon, mie gandum yang tebal dengan kuah panas dengan irisan tofu goreng di atasnya, merupakan hidangan populer di seluruh Jepang namun banyak yang tidak menyadari bahwa hidangan ini berasal dari Osaka. Mie udon yang lembut dan empuk dengan kaldu yang disiapkan dengan seksama menghasilkan kombinasi sempurna dengan tofu asam manis. Nikmati rasa yang lembut dan aroma kaldu dengan bumbu yang ringan -- dijamin Anda akan ketagihan meminum kuahnya hingga tetes terakhir. Berbagai restoran udon yang populer di Osaka menggunakan kaldu dari bonito, mereka bersaing satu sama lain lewat kuah sup yang dibuat secara khusus dengan keunikannya masing-masing.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  7. "Udon-suki" hidangan laut dan sayuran yang dimasak ala sukiyaki dan disajikan dengan udon

    Udon-suki adalah kombinasi rebusan hot pot dengan mie gandum yang kreatif dari Osaka. Menu yang memadukan bahan-bahan laut dan daging dengan mie udon yang populer ini berasal dari sebuah restoran populer yang menggunakan resep yang telah ada sejak zaman Edo. Saat ini masakan ini digemari di seluruh dunia dan memiliki berbagai variasi di seluruh Jepang. Kaldu dengan rasa yang ringan melengkapi rasa unik dari setiap bahan dalam rebusan, dengan mie udon sebagai penutup yang sempurna. Mie udon adalah pasangan ideal untuk hidangan ini karena teksturnya tetap kuat meski direbus dengan cara ini.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  8. "Yakiniku" Barbekyu

    Osaka dipenuhi dengan restoran yang khusus menyediakan yakiniku (daging panggang). Tsuruhashi dianggap sebagai pusat kuliner yakiniku -- segera setelah Anda tiba di stasiun, Anda akan disambut oleh aroma barbekyu segar yang menggiurkan. Makanan di sini tidak hanya lezat dan terjangkau, tapi juga menawarkan banyak pilihan bagian daging yang akan memanjakan lidah Anda. Cobalah berbagai menu istimewa dari berbagai restoran di sini, seperti sirloin marmer dan irisan bahu yang langka, adalah kemewahan yang hanya dapat Anda temukan di Osaka!

    Persinggahan di sekitar Osaka

  9. "Tessa" Sashimi Ikan Buntal

    Warga Osaka menyukai sashimi ikan buntal yang disebut "tessa" di Jepang, yang mengonsumsi 60% dari persediaan total di Jepang. Banyaknya restoran khusus tessa menjadikan hidangan dapat menikmati hidangan mewah ini dengan harga terjangkau. Daging bertekstur kencang yang diiris tipis memberinya konsistensi dan rasa yang lezat. Banyak restoran juga menyediakan berbagai menu ikan buntal selain sashimi, yang akan memuaskan selera Anda akan hidangan ikan buntal.

    Persinggahan di sekitar Osaka

  10. Ikayaki "Panekuk Cumi Panggang"

    Ikayaki

    Kudapan yang populer di Osaka adalah ikayaki, panekuk tipis yang dipanggang dengan daging cumi. Dalam hidangan populer ini, irisan cumi dicampur dengan adonan tepung yang kemudian dimasak dalam sebuah alat khusus guna menciptakan panekuk yang datar dan berbentuk seperti telur. Makanan ini tidak termasuk ke dalam fine dining, tapi lebih sebagai kuliner lokal murah yang disukai oleh para warga. Ikayaki langsung dimasak setelah Anda memesannya. Dipadukan dengan saus manis-pedas dan tekstur empuk dari tepung dan daging cumi, menjadikan makanan ini sungguh adiktif. Jangan kaget jika Anda menghabiskan 2 atau 3 ikayaki dalam sekejap mata. Mengantri di pusat perbelanjaan untuk memesan ikayaki adalah sebuah pengalaman yang unik dan menyenangkan. Meski para warga Osaka tidak suka mengantri, namun ikayaki adalah sebuah pengecualian.

    Persinggahan di sekitar Osaka

* Peringkat ini dihitung berdasarkan hasil dari survey e-mail yang dilakukan oleh pengguna yang singgah di penginapan Hokkaido, dipesan lewat Rakuten Travel, antara 30 November 2013 sampai 30 November 2014 (tidak termasuk penduduk Hokkaido).

*Tanggal survei: 23 Juli 2015-27 Juli 2015 (total suara: 2.454)